Ikatan Guru Indonesia

Ikatan Guru Indonesia (IGI) adalah organisasi guru yang diinisiasi sejak tahun 2000 dengan nama Klub Guru Indonesia di bawah kepemimpinan Ahmad Rizali dan secara resmi berbadan hukum pada tanggal 26 November 2009 dan disahkan oleh Kementerian Hukum dan HAM dengan SK Depkumham Nomor AHU-125.AH.01.06.Tahun 2009.

SAGUSABLOG

SAGUSABLOG membuka workshop daring menggunakan sarana chatting melalui aplikasi telegram, dibantu dengan modul dan video pembelajaran sehingga mudah dipahami peserta workshop daring walaupun belajar mandiri di rumah masing-masing.

Teka-Teki Cerita Matematika

Haji Kiswanto dan Haji Taspirin adalah dua peternak kambing paling sukses di Desa Pesahangan. Dahulu ketika masih muda, selepas menempuh pendidikan tingkat menengah di SMK Komputama Pesahangan, mereka berdua memutuskan untuk tetap tinggal di desa yang mereka cintai. Keduanya sudah menyisihkan uang untuk membeli sepasang kambing muda dari hasil PKL saat Semester IV.

Rabu, 21 Oktober 2020

Teka-teki Cerita Matematika: Pekerjaan Rumah Lukas (#1)

Blog Guru
Haji Kiswanto dan Haji Taspirin adalah dua peternak kambing paling sukses di Desa Pesahangan. Dahulu ketika masih muda, selepas menempuh pendidikan tingkat menengah di SMK Komputama Pesahangan, mereka berdua memutuskan untuk tetap tinggal di desa yang mereka cintai. Keduanya sudah menyisihkan uang untuk membeli sepasang kambing muda dari hasil PKL saat Semester IV. Melihat hamparan rumput liar setinggi bahu sepanjang mata memandang di sekitar bukit pinus dan budaya potong kambing di desa mereka yang semarak, keduanya mantap menjalani kehidupan sebagai peternak kambing. Kini setelah puluhan tahun berlalu, jumlah kambing keduanya sudah mencapai tiga digit, melebihi sepersepuluh jumlah penduduk Desa Pesahangan.

Suatu sore, saat keduanya duduk bersantai di pinggir kolam ikan, cucu bersama mereka, Lukas, yang merupakan hasil dari perkawinan putra-putri mereka, datang menghampiri keduanya. Rupanya Lukas sedang macet pikirannya, ada satu pekerjaan rumah yang belum dapat diselesaikan.

"Kamu pusing mengerjakan peer apa, nak?" Tanya Haji Kiswanto.
"Serahkan saja kepada kami!" Sahut Haji Taspirin sambil tertawa.
"Matematika, kek," Jawab Lukas lesu.

Kedua haji itu berpandangan. Tiba-tiba ingatan saat muda mengalir deras ke dalam kepala mereka yang penuh uban. Namun, semua ingatan yang mengalir masuk itu kosong dan sebersih-bersihnya. Tidak ada satupun ingatan mengenai pelajaran Matematika saat SMK yang bermukim di ingatan mereka.

"C-ccoba bacakan soalnya, nak!" Haji Taspirin memerintah cucunya dengan terbata-bata.
"Wah, siap kek!" Seru Lukas dengan mata berbinar. Kakek-kakeknya memang dapat diandalkan pikirnya.
"Bunyi soalnya begini, Dono dan Kasino merupakan peternak kuda. Kuda yang dimiliki Dono dan Kasino jumlahnya sama. Berapa kuda yang harus diberikan oleh Dono kepada Kasino agar jumlah kuda Kasino empat belas lebih banyak dari jumlah kuda Dono? Itu kek soalnya," Lukas menghela napas selepas membaca soal yang panjang itu dalam satu tarikan napas.

"Kenapa Dono harus memberikan kudanya kepada Kasino hanya agar jumlah kuda Kasino lebih banyak? Maksudnya apa!" Seru Haji Kiswanto dengan bingung. 
Kenapa bersedekah kepada orang yang mampu? Apakah orang zaman sekarang tidak memahami ajaran agama lagi? Kenapa soal aneh semacam itu bisa lolos dari pengawasan guru-guru? Kepala Haji Kiswanto dipenuhi pertanyaan-pertanyaan yang membuatnya merasa dongkol sendiri.
"Allah lebih suka bilangan ganjil, kenapa harus empat belas!" Seru Haji Taspirin.

Lukas memandangi kedua kakeknya dengan mata yang kembali lesu. Kakinya yang pendek menendang-nendang kerikil. Dia berjalan menjauh dari kolam ikan, dibiarkannya kedua kakeknya berteriak-teriak di tepi kolam.

Dapatkah kamu membantu Lukas mengerjakan pekerjaan rumahnya? Tuliskan jawabanmu di kolom komentar beserta penjelasannya ya.

Mengenal Ikatan Guru Indonesia (IGI)

Ikatan Guru Indonesia
Ikatan Guru Indonesia (IGI) adalah organisasi guru yang diinisiasi sejak tahun 2000 dengan nama Klub Guru Indonesia di bawah kepemimpinan Ahmad Rizali dan secara resmi berbadan hukum pada tanggal 26 November 2009 dan disahkan oleh Kementerian Hukum dan HAM dengan SK Depkumham Nomor AHU-125.AH.01.06.Tahun 2009, tanggal 26 November 2009 dengan Ketua Umum Satrian Dharma dan Sekjen Muhammad Ihsan dari Jatim serta Indra Djati Sidi dari Jabar sebagai Ketua Dewan Pembina. Kepengurusan baru 2016-2021 juga telah terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM dengan Surat Keputusan nomor AHU-0000308.A.H.01.08.Tahun 2016 dengan Ketua Umum Muhammad Ramli Rahim dari Sulsel dan Sekjen Mampuono dari Jawa Tengah. 

Kini IGI sudah hadir di 34 Provinsi di Indonesia dengan lebih dari 400 kabupaten/kota. Tak satupun minggu sepanjang Februari 2016 hingga saat ini yang tak diisi seminar, workshop, diklat atau simposium kecuali saat Idul Fitri. Hanya dalam setahun IGI berhasil melakukan workshop dan diklat yang melibatkan 156.000 guru dengan 575 pelatih dan 17 kanal pelatihan guru.

IGI sebagai sebuah organisasi profesi bersifat independen, netral, dan mandiri dengan visi memperjuangkan mutu, profesionalisme dan kesejahteraan guru Indonesia, serta turut secara aktif mencerdaskan kehidupan bangsa.

Demi mewujudkan visi di atas maka IGI mengajak para guru, kepala sekolah, pemerhati pendidikan, serta semua komponen masyarakat yang memiliki kepedulian pada dunia pendidikan, bersedia memperluas wawasan dan saling berbagi pengalaman untuk bersama-sama IGI memajukan dunia pendidikan Indonesia.

Setiap anggota IGI akan mendapatkan Kartu Anggota sebagai identitas keanggotaan. Kartu Anggota dikeluarkan oleh Pengurus Pusat dan berlaku seumur hidup sepanjang memenuhi ketentuan peraturan organisasi. Setiap anggota IGI akan mendapatkan manfaat antara lain mendapatkan prioritas dan diskon dalam mengikuti kegiatan-kegiatan yang diadakan IGI, mendapatkan diskon untuk berbelanja di berbagai merchant yang menjadi mitra IG. Keanggotaan IGI bersifat sukarela dan terbuka. IGI memiliki anggota-anggota yang terdiri dari anggota biasa, luar biasa, dan anggota kehormatan.

Sumber: Situs web IGI

Materi Kelas XII

Bahan Ajar Matematika Kelas XII SMK
Bahan ajar/materi adalah fasilitas atau tools pembelajaran yang di dalamnya terdiri dari metode, media, model, materi pembelajaran, standar/parameter dan metode evaluasi yang dirancang dengan terstruktur yang bertujuan agar tujuan pembelajaran bisa tercapai sesuai dengan standar kompetensi yang ada (Widodo dan Jasmadi dalam Lestari, 2013:1).

Yana Wardhana (2010: 29) menambahkan bahwa bahan ajar merupakan suatu media untuk mencapai keinginan atau tujuan yang akan dicapai oleh peserta didik. Sedangkan Opara dan Oguzor (2011: 66) mengungkapkan bahwa bahan ajar adalah sumber belajar berupa visual maupun audiovisual yang dapat digunakan sebagai saluran alternatif pada komunikasi di dalam proses pembelajaran.

Berikut Bahan Ajar Matematika Kelas XII SMK

Semester Gasal:

1. Kajian Statistika

2. Ukuran Pemusatan Data

3. Ukuran Penyebaran Data

4. Limit Fungsi Aljabar

5. Turunan Fungsi Aljabar


Semester Genap:

1. Analisis Keberkaitan Turunan Fungsi

2. Integral Fungsi Aljabar

3. Luas Permukaan dan Volume Integral

Materi Kelas XI

Bahan Ajar Matematika untuk kelas XI
Bahan ajar/materi adalah fasilitas atau tools pembelajaran yang di dalamnya terdiri dari metode, media, model, materi pembelajaran, standar/parameter dan metode evaluasi yang dirancang dengan terstruktur yang bertujuan agar tujuan pembelajaran bisa tercapai sesuai dengan standar kompetensi yang ada (Widodo dan Jasmadi dalam Lestari, 2013:1).

Yana Wardhana (2010: 29) menambahkan bahwa bahan ajar merupakan suatu media untuk mencapai keinginan atau tujuan yang akan dicapai oleh peserta didik. Sedangkan Opara dan Oguzor (2011: 66) mengungkapkan bahwa bahan ajar adalah sumber belajar berupa visual maupun audiovisual yang dapat digunakan sebagai saluran alternatif pada komunikasi di dalam proses pembelajaran.

Berikut Bahan Ajar Matematika untuk kelas XI

Semester Gasal:
2. Determinan dan Invers Matriks
5. Persamaan dan Fungsi Kuadrat
6. Operasi Komposisi dan Invers pada Fungsi

Semester Genap:
1. Persamaan Lingkaran
2. Logika Matematika
3. Geomteri Dimensi Tiga
4. Transformasi Geometri
5. Kaidah Pencacahan
6. Peluang Kejadian

Materi Kelas X

Bahan Ajar Matematika untuk kelas X
Bahan ajar/materi adalah fasilitas atau tools pembelajaran yang di dalamnya terdiri dari metode, media, model, materi pembelajaran, standar/parameter dan metode evaluasi yang dirancang dengan terstruktur yang bertujuan agar tujuan pembelajaran bisa tercapai sesuai dengan standar kompetensi yang ada (Widodo dan Jasmadi dalam Lestari, 2013:1).

Yana Wardhana (2010: 29) menambahkan bahwa bahan ajar merupakan suatu media untuk mencapai keinginan atau tujuan yang akan dicapai oleh peserta didik. Sedangkan Opara dan Oguzor (2011: 66) mengungkapkan bahwa bahan ajar adalah sumber belajar berupa visual maupun audiovisual yang dapat digunakan sebagai saluran alternatif pada komunikasi di dalam proses pembelajaran.

Berikut adalah Bahan Ajar Matematika untuk kelas X

Semester Gasal

1. Bilangan Pangkat, Akar, dan Logaritma

2. Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak

3. SPLDV

4. Program Linear

5. Baris dan Deret Aritmatika

6. Baris dan Deret Geometri


Semester Genap

1. Bunga dan Anuitas

2. Nilai sudut berelasi diberbagai kuadran

3. Koordinat Cartesius dan Koordinat Kutub

4. Grafik Fungsi Trigonometri

5. Aturan Sinus Kosinus

6. Luas Segitiga

7. Rumus Jumlah dan selisih dua sudut



Senin, 19 Oktober 2020

Silabus Matematika Kelas XII

Silabus Matematika kelas XII Semester Gasal
Menurut Mulyasa (2010:190), silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran dengan tema tertentu, yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar yang dikembangkan oleh setiap satuan pendidikan. Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar (Kunandar, 2011: 244). Menurut Aisah (2011: 3) silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar.

Manfaat silabus adalah sebagai pedoman sumber pokok dalam pengembangan pembelajaran lebih lanjut, mulai dari pembuatan rencana pembelajaran, pengelolaan kegiatan pembelajaran, dan pengembangan sistem penilaian.

Berikut saya bagikan Silabus Matematika kelas XII Semester Gasal.

Silabus Matematika Kelas XI

Silabus Matematika kelas XI Semester Gasal
Menurut Mulyasa (2010:190), silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran dengan tema tertentu, yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar yang dikembangkan oleh setiap satuan pendidikan. Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar (Kunandar, 2011: 244). Menurut Aisah (2011: 3) silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar.

Manfaat silabus adalah sebagai pedoman sumber pokok dalam pengembangan pembelajaran lebih lanjut, mulai dari pembuatan rencana pembelajaran, pengelolaan kegiatan pembelajaran, dan pengembangan sistem penilaian.

Berikut saya bagikan Silabus Matematika kelas XI Semester Gasal.